Senin, 20 Januari 2014

Sekilas Mata Kuliah di Teknik Kimia (semester 2)

Lanjutan dari postingan sebelumnya tentang matkul di Teknik Kimia UGM...

SEMESTER 2

Kimia Fisis 1
Kimia Fisis ini adalah mata kuliah kimia yang fisika (aneh kan?) dibilang begitu karena membahas tentang peristiwa kimia yang erat kaitannya dengan peristiwa fisisnya. Materinya misalnya tentang laju reaksi, kesetimbangan, termokimia (Hukum Hess), dan sedikit pengantar tentang termodinamika. Hampir semua materi udah pernah dibahas di SMA, tinggal diimprove dikit.
Pustaka : Moore, W.J., 1972, “Physical Chemistry”, Prentice Hall Inc, New York.

Kimia Organik 2
Ini lanjutan dari mata kuliah Kimia Organik 1, yang dibahas juga hampir sama. Intinya tentang mekanisme reaksi pembuatan dan perubahan bentuk senyawa-senyawa organik. Tapi untuk KO2, yang ditekankan pada senyawa aromatik, karbohidrat, protein, dan lemak. Kunci mata kuliah ini sama kaya KO1, rajin2 baca pustaka aja.
Pustaka : Solomon, T.W.G and Fryhle, C.B., 2004, “Organic Chemistry”, 8ed., John Wiley and Sons, New Jersey.

Matematika 2
Matematika 2 membahas tentang salah satu konsep dasar yang sangat dibutuhkan di Teknik Kimia kelak, yaitu PERSAMAAN DIFERENSIAL (PD). 
Hampir seluruh proses yang terjadi di industri kimia bisa didekati dengan PD ini, jadi mata kuliah ini tidak bisa dianggap remeh. Di sini dibahas, gimana caranya menyelasaikan PD sederhana (PD ordiner) dengan cara analitis. Selain itu dibahas juga tentang Deret (Taylor, McLaurin, dll) yang bisa digunakan juga untuk menyelesaikan PD. Materi lainnya adalah transformasi Laplace yang juga digunakan untuk menyelesaikan PD.
Pustaka : Kreyszig, E., 1993, ”Advanced Engineering Mathematics”, 6ed., John Wiley and Sons, Inc.,

Bahan Konstruksi Teknik Kimia (BKTK)
BKTK ini membahas tentang material-material yang digunakan untuk merancang alat-alat di industri kimia. Materi yang dibahas adalah struktur atom dan molekul bahan, diagram fasa campuran bahan, teori lendutan bahan, perlakuan panas pada bahan, teori korosi dan oksidasi serta cara pencegahannya, dan yang terakhir adalah dasar-dasar pemilihan bahan konstruksi. Mata kuliah yang cukup membosankan dan materi yang dipelajari seabrek. Harus sering-sering baca pustaka.
Pustaka : Callister, Jr., W.D., 1994, “Materials Science and Engineering, an Introduction”, 3 ed., John Wiley & Sons, New York.

Fisika 2
Lanjutan dari Fisika 1,materi yang dibahas mirip-mirip fisika SMA yaitu tentang listrik AC dan DC, getaran dan gelombang, optika dan cahaya, plus tambahan materi yang agak tekkim seperti uap (dasar-dasar teori hukum Antoine), diagram fase, dan tara kalor mekanik. Cara survive di matkul ini, mirip kaya Fisika 1.
Pustaka : Halliday, H., Resnick, R., and Walker, J., 1997, “Fundamentals of Physics. Extended”, 5 ed., John Wiley & Sons, Inc., New York.

Penggerak Mula
Penggerak mula ini mata kuliah yang mungkin paling asing bagi anak semester 2 karena sama sekali blm pernah didapatkan di SMA. Isi dari mata kuliah ini yaitu tentang penggerak mula, yaitu alat-alat yang dapat digunakan sebagai penggerak di industri, misalnya motor bakar (2 tak dan 4 tak), motor diesel, turbin, boiler. Kalo menurutku pribadi, inti dari matkul ini adalah bisa membaca steam table, yaitu semacam tabel yang variabelnya suhu, tekanan, entalpi, entropi dari air dan uap air. Selain itu juga diharapkan dapat mengerti tentang sistem Power Plant dari Uap (PLTU) plus pengantar termodinamika.
Pustaka : -

Elemen Mesin
Membahas tentang elemen-elemen dasar yang digunakan pada mesin, seperti bearing, roda gigi, kopling, sambungan (las dan paku keling), tegangan dan regangan, dan pelumas. Untuk perhitungannya, mirip dengan perhitungan dasar pada fisika tentang torsi dan gaya. Mata kuliah yang relatif tidak sulit.
Pustaka : -

Pendidikan Kewarganegaraan
Sama seperti pelajaran Kewarganegaraan waktu SMA, intinya dapat memberikan pendapat tentang isu-isu kewarganegaraan dan penerapannya.
Pustaka : -

Praktikum Analisis Bahan
PAB ini adalah prakitkum pertama dari rangkaian praktikum-praktikum berikutnya di Teknik Kimia. Yang ditekankan di sini adalah praktikan tahu cara menggunakan alat-alat dasar laboratorium, mengolah data, dan memahami keselamatan di laboratorium. Mata praktikumnya didesain supaya lebih ditekankan ke situ, sehingga relatif sederhana, yaitu : Pengukuran Suhu dan Kenaikan Titik Didih Larutan, Peneraan Alat Ukur Laju Alir Fluida, Pengukuran Rapat Massa dan Konduktometri, Modulus Patah dan Kuat Desak Bahan Padat, Pengukuran Tegangan Muka dan Kekentalan Cairan, Analisis Volumetri, Analisis Gravimetri, Spektrofotometer UV-Vis. Sekedar info, di sini mahasiswa juga akan diberi pemahaman tentang prosedur bekerja di Lab di Jurusan Teknik Kimia UGM, yaitu mempelajari karakter dan bahaya dari  bahan-bahan kimia yang digunakan dan menakar resiko (Risk Assessment).

2 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  2. salam kenal mas, saya juga salah satu mahasiswa tekkim di Jogja, kalau boleh apakah kita bisa sharing2 tentang perkuliahan di kampus kita masing2 mas? oh iya saya mahasiswa UPN V Y mas

    BalasHapus